Ekonomis beribu manfaat



                Satu sayuran yang tiba2 menjadi makanan favorit bagi diri saya. Entah karena apa dan sebab apa yang menyebabkan saya begitu ingin selalu menikmati sayuran ini di tiap harinya, meskipun saya belum mengetahui dengan pasti apa manfaat dan kandungan dalam sawi sebelumnya, namun setelah tadi pagi searching-searching sedikit di mbah gg saya begitu terkejut, melihat betapa banyaknya manfaat yang terkandung di dalam sayuran yang sedang saya gandrungi akhir-akhir ini.
                Pagi ini, setelah sholat shubuh saya meniatkan diri untuk prgi ke pasar membeli sawi, namun karena keadaan terlihat masih nampak gelap saya mengundurkan waktu untuk berangkat, lalu bermain ig sebentar sekalian stalker-stalker doi(haha punya doi katanya, chat an aja jarang, sekali ngechat balesnya lama singkat ato yang lebih parah lagi cuman diR aja bro, gimana tuh terasa banget kan nylekitnya, hh). Tak terasa bermain gadget rupa-rupanya udah nyampe pukul lima, segera ku bergegas berangkat, yang pada rencana awalnya ingin naik sepeda pancal sekalian olahraga, eh malah gajadi takutnya berangkat kesiangan ke sekolah. Setelah sawi didapatkan segera bergegas ku ke kamar, meskipun awalnya rada malu takutnya ada yang ngelihat gua mau masak sawi, akhirnya ketauan juga deh ama ibu kos, hehe. Pas kepergok ibu kos gua malah ditanya dengan hal yang membuatb gua sendiri malu sob, loh mas masak sawi ya? Iya jawabku, kok nggak di basuh dulu? Hehe iya lupa buk jawabku, dengan nada yang agak malu-malu. Setelah bertanya ibu kos beranjak ke rumahnya, kukira ia gak akan nongol lagi. Eh, diluar dugaan dianya malah dateng lagi, but dia membawa sebuah alat yang gua lupa namanya, intinya bisa buat ngerebus gitu gaes. Rupanya beliau sangat mengerti wadah yang gua pake buat ngerebus itu kekecilan and sawinya masih tinggal banyak yang belum kerebus  jadi dia pinjemin deh, hehe perhatian banget sih buk J.
                Usai ngrebus, waktunya menikmati deh, tuh coba liat gambarnya, sepertinya enak sih gaes kalo cuman diliat aja, soale kalo uda dimakan rasanya hambar, maklum lah masih pemula buat masak ginian hehe.


Oya btw ini loe beberapa manfaat sawi yang perlu kalian ketahui gaes, supaya kalian bisa ketagian tuh kali ngeliat seberapa banyak sih manfaatnya.
63 kalori.
5 gram protein.
1 gram lemak.
11 gram karbohidrat (termasuk 8 gram serat dan 1 gram gula)
lebih dari 250% dari kebutuhan harian untuk vitamin A.
lebih dari 50 % dari kebutuhan harian untuk vitamin C.
26% dari kebutuhan kalsium.
12% zat besi.
 Oiya ini juga manfaat serta efek sampingnya yang gua link dari web sebelah
noh webnya biar gua kaga dituduh plagiat. See you gaes next time.
Berikut ini beberapa manfaat sawi untuk kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan Tulang

Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi karena patah tulang. mengkonsumsi vitamin K adalah hal penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium. Satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Top herbal untuk menyehatkan tulang :

Manfaat Seledri Untuk Tulang
Manfaat NHCP Tiens
Manfaat Ikan Asin
Manfaat Daging Belut
2. Mencegah Kanker

Sejak tahun 1980-an, menjaga asupan tinggi sayuran secara konsisten dapat dikaitkan dengan risiko lebih rendah menderita kolorektal dan kanker paru-paru. Sayuran ini memiliki senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glucosinolates, yang telah dipelajari memiliki kemampuan untuk menghambat proses kanker pada tahap perkembangan yang berbeda untuk kanker paru-paru, kolorektal, payudara, dan prostat. Studi awal baru telah menemukan bahwa glucosinolates mungkin juga efektif terhadap melanoma, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas.

Sawi hijau dan sayuran hijau lain yang mengandung klorofil dalam jumlah yang tinggi, dan telah terbukti efektif memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik, yang dihasilkan saat memanggang makanan. Jika cenderung menyukai makanan yang dipanggang sampai gosong, pastikan untuk memasangkan sayuran hijau untuk membantu meniadakan efek ini.

Top Untuk Kanker
3. Baik Untuk Diabetes

Satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan sekitar 8 gram serat. The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan 21-25 g / hari untuk wanita dan 30-38 g / hari untuk pria. Sawi hijau juga mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien dengan diabetes. Studi asam alpha-lipoic juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan atau neuropati otonom di diabetes. Dari catatan, kebanyakan studi telah menggunakan asam alpha-lipoic intravena dan tidak yakin apakah suplementasi lisan akan menimbulkan manfaat yang sama.


Top Herbal Untuk Diabetes
Sawi hijau yang mmeiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi, membantu mencegah sembelit, mempromosikan keteraturan buang air besar dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

4. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Sawi hijau juga bagus untuk kulit karena dikemas dengan manfaat vitamin A, nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan manfaat vitamin C (satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan lebih dari 50% dari kebutuhan harian) yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen dan memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Kekurangan zat besi merupakan penyebab umum masalah pada rambut, namun hal ini dapat dicegah dengan asupan makanan yang mengandung zat besi seperti hijau hijau. Kurang mendapatkan asupan zat besi yang cukup dalam makanan, juga dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh menggunakan energi. Sawi hijau merupakan sumber zat besi yang besar, seperti yang terdapat pada manfaat bayam, manfaat ikan tuna dan telur.(Baca : Manfaat Zat Besi)

5. Membantu Tidur dan Suasana Hati

Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflamasi. Folat juga ditemukan dalam kolin, yang dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengatur suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan.
Rincian Gizi Sawi Hijau

Satu cangkir rebus sawi hijau mengandung :

63 kalori
5 gram protein
1 gram lemak
11 gram karbohidrat (termasuk 8 gram serat dan 1 gram gula)
lebih dari 250% dari kebutuhan harian untuk vitamin A
lebih dari 50 % dari kebutuhan harian untuk vitamin C
26% dari kebutuhan kalsium
12% zat besi
dan 10% dari kedua vitamin B-6 dan magnesium.
Selain itu, sawi hijau merupakan sumber yang sangat kaya vitamin K dan juga mengandung folat, thiamin, niacin, asam pantotenat, choline, fosfor dan kalium.

Dengan kandungan gizi yang sangat berlimpah, sawi hijau juga sangat baik untuk berbagai masalah kesehatan hingga mendukung cara hidup sehat alami. Berikut beberapa di antaranya.

Sumber antioksidan
Menyehatkan pencernaan
Melancarkan BAB
Manfaat serat bisa untuk kesehatan usus
Mencegah kanker usus
Mencegah berbagai penyakit akibat kekurangan serat
Membuat tubuh bugar
Sangat cocok dikonsumsi penderita hipertensi
Menurunkan kolesterol
Menjaga stamina
Mengencangkan kulit agar terlihat awet.
Sumber vitamin dan mineral
Efek Samping Sawi

manfaat-sawi-hijau
Sawi Hijau
Seperti anggota lain dari keluarga Brassica, sayuran sawi mungkin berisi goitrogens yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Oleh karena itu, makan sayur mentah harus dihindari pada individu dengan masalah disfungsi tiroid. Namun, dapat digunakan secara bebas bagi orang yang sehat. Sawi juga harus dikonsumsi dengan hati-hati bagi orang-orang yang menderita batu ginjal oksalat. Seitap 100 g sawi hijau mentah menyediakan lebih dari 500 mg vitamin K, yakni di atas nilai harian yang direkomendasikan. Oleh karena itu, harus dikonsumsi secara tidak berlebihan pada orang yang memakai antikoagulan seperti warfarin.


Sejumlah manfaat sawi hijau tersebut, membuatnya banyak dikonsumsi di negeri sendiri. Selain sebagai salah satu sumber makanan sehat, harganya cukup terjangkau. Sawi merupakan tanaman yang tumbuh didaerah dingin dan lembab. Meskipun sawi tanaman yang dapat tumbuh di musism tertentu, namun karena budidaya yang luas di Indonesia, sayur sawi dapat dicari kapanpun. Sawi banyak jenisnya, yang terkenal di Indonesia adalah sawi hijau dan sawi putih.



Komentar

Postingan Populer